BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Praktikan pengalaman lapangan I (PPL I ) merupakan tugas wajib bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin. Kegiatan PPL I ini merupakan pernyataan antara teori dan praktik, dan melalui PPL I ini akan dibahas dan dinilai seberapa besar kemampuan mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan teoritis yang dimilikinya yang berhubungan dengan proses belajar mengajar maupun pengetahuan lain yang seuai kegiatan PPL I ini.
Dalam hal mengajar lainnya tidaklah semua calon guru mampu langsung terampil dalam melaksanakannya, oleh karena itu sangat perlu di adakan latihan-latihan atau prakti-praktik bagi seseorang sebelum menjadi guru, seperti halnya dalam PPL I ini setidaknya mahasiswa dapat belajar dan melatih diri dalam hal mengajar dan kegiatan lainnya sehingga memberi bekal bagi dirinya sebagai pengalaman berharga sebelum terjun menjadi guru yang benar-benar professional, dan diharapkan juga dapat membentuk suatu kompetensi tertentu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi pendidikan.
B. Tujuan dan Manfaat PPL I
Praktik pengalaman lapanagan I (PPL I ) merupakan salah satu kegiatan yang di lakukan mahasiswa yang meliputi praktik mengajar di kelas dan di micro teaching. Hal ini merupakan suatu persyaratan yang harus ditempuh oleh mahasiswa fakultas tarbiyah disemua jurusan termasuk PBA untuk membentuk personalitas guru.
Adapun tujuan yang ingin di capai dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan I ini agar para praktikan terlatih dalam beberapa keterampilan keguruan.
Sedangkan manfaat yang ingin dicapai dari pelaksanaan praktik pengalaman lapangan I ini adalah mahasiswa memiliki pengetahuan, pengalaman, keterampilan, sikap dan tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya, cakap dan mampu menyelenggarakan pendidkan dan pengajaran di sekolah terutama di kelas.
C. Rencana kegiatan PPL I
No. | Kegiatan | Tanggal |
1. | Persiapan | 01 - 08 Februari 2010 |
2. | Pendaptaran peserta | 08 -12 Februari 2010 |
3. | Pengelompokan peserta | 15 -19 Februari 2010 |
4. | Penetapan supervisor | 22 - 25 Februari 2010 |
5. | Menyiapkan bahan untuk supervisor dan peserta PPL I | 01 - 05 Maret 2010 |
6. | Pertemuan supervisor | 10 Maret 2010 |
7. | Pembekalan | 11 Maret 2010 |
8. | Kegiatan mikro teaching | 13 Maret- 30 April 2010 |
| a. kegiatan di kelas (pembekalan) = 2 x pertemuan. | 13 Maret 2010 |
| b. praktik (1 & 2) di kelas = 4 x pertemuan. | 24 Maret dan 03 April 2010 |
| c. middle test di mikro teaching = 2 x pertemuan. | 10 April 2010 |
| d. praktik (3 & 4) di kelas = 4 x pertemuan. | 14-17 April 2010 |
| e. final test di micro teaching = 2 x pertemuan. | 23 April 2010 |
9. | Penyusunan laporan PPL I (mahasiswa) | 3-12 Mei 2010 |
10. | Penyerahan laporan PPL I (mahasiswa) paling lambat. | 14 Mei 2010 |
11. | Penilaian laporan PPL I Mahasiwa (TIM) | 17 – 21 Mei 2010 |
12. | Pengolahan nilai akhir | 24 Mei - 11 Juni 2010 |
13. | Penyusunan laporan akhir kegiatan | 14 -18 Juni 2010 |
D. Sistematika Laporan
Untuk memudahkan dalam memahami laporan ini maka penulis membuat sistematika laporan sebagi berikut:
Bab I Pendahuluan yang berisi latar belakang, tujuan dan manfaat PPL I,
Rencana kegiatan PPL I dan sistematika laporan.
Bab II Kegiatan pembekalan yang berisi jadwal kegiatan, kehadiran praktikan dan supervisor serta materi pembekalan.
Bab III Kegiatan praktik mengajar yang berisipelaksanaan pelatihan mengajar dan pelaksanaan ujian mengajar.
Bab IV Berisi masalah-masalah, peran supervisor dan komentar terhadap kegiatan PPL I.
Bab V Penutup yang berisi kesimpulan dan saran-saran.
BAB II
KEGIATAN PEMBEKALAN
A. Jadwal Kegiatan
Sebelum di laksanakan kegiatan Praktik Lapangan Pengalaman I (PPL I) terlebih dahulu dilaksanakan beberapa hal mengenai hal-hal yang berkaitan dengn PPL I. Kegiatan pembekalan dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan, yaitu:
- pertemuan pertama, kegiatan pembekalan PPL I dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Maret 2010 pada jam 08.30 - 12.15 di Auditorium IAIN Antasari Banjarmasin yang dihadiri oleh seluruh peserta praktikan Fakultas Tarbiyah pada semua jurusan, Anggota PPL I dan sebagian supervisor.
- pertemuan kedua, kegiatan pembekalan PPL I dilaksanakan pada hari kamis, 11 Maret 2010 pada jam 13.30 - 15.00 di lokal 12 PBA yang di hadiri oleh seluruh praktikan dari kelompok 22 serta di hadiri oleh supervisor yaitu bapak Drs Abu Qasim, M.Ag.
B. Kehadiran Praktikan dan Supervisor
Mengenai kehadiran praktikan saat di laksanakan pembekalan sebanyak dua kali pertemuan, praktikan hadir semua. Adapun mengenai kehadiran supervisor, beliau hadir tepat waktu.
C. Materi Pembekalan
Mengenai materi pembekalan yang di sampaikan oleh tim dan supervisor sebanyak dua kali poertemuan meliputi:
- Tugas Pokok
- Supervisor
1) Memberikan materi-materi sebagai bekal mahasiswa dalam berpraktik meliputi tata tertib, micro teaching, keterampilan dasar mengajar, dan perencanaan pembelajaran.
2) Melaksanakan kegiatan latihan mengajar di kelas, middle dan final test di ruang micro teaching.
3) Memberikan penilaian secara langsung terhadap ketiga kegiatan latihan tersebut (point sebelumnya).
4) Memberikan umpan balik atau komentar kepada mahasiswa/praktikan setiap kali latihan.
5) Menyerahkan nilai ke TIM pengelola PPL I paling lambat tiga hari setelah ujian praktik mengajar berlangsung.
- Praktikan Mahasiswa (I)
1) Mengikuti seluruh Kegiatan PPL I, baik kegiatan pembekalan teoritis maupun praktik mengajar.
2) Frekuensi latihan praktik mengajar mahasiswa sebanyak empat kali di tambah dua kali ujian praktik mengajar (terhitung 14 kali pertemuan ) dengan ketentuan sebagai berikut:
- Setiap kali pertemuan ( tiap minggu ) terhitung satu kali pertemuan dan ada juga yang satu minggunya dua kali pertemuan..
- Sebelum berpraktik, mahasiswa harus membuat perencanaan pembelajaran dan harus di konsultasikan serta di tanda tangani oleh supervisor.
- Mata pelajaran yang di praktikan harus sesuai dengan jurusan masing-masing, dengan sub pokok bahasan yang berbeda-beda untuk setiap kali praktik mengajar, yang terdiri dari enam kali praktik di ambil dari mata pelajaran MTs dan MA (termasuk ujian praktik).
- Setiap mahasiswa tampil latihan mengajar selama 15 menit untuk setiap kali latihan, termasuk ujian praktik.
- Praktik mengajar kesatu dan kedua dilaksanakan di kelas sesuai dengan jadwal dan lokal yang telah di tentukan.
- Praktik mengajar ketiga adalah middle test yang dilaksanakan di ruang micro teaching.
- Praktik keempat dan kelima di laksanakan di kelas sesuai dengan jadwal dan lokal yang telah ditentukan.
- Praktik mengajar keenam adalah final test yang dilaksanakan di ruang micro teaching.
3) Setiap mahasiswa berhak mendapat bahan pembekalan teoritis, yang telah di siapkan oleh TIM PPL I.
- Tata Tertib Peserta PPL I
- Setiap mahasiswa harus berpenampilan yang layak sebagai seorang guru.
- Mahasiswa harus berpenampilan rapi dan sopan dengan kemeja / atasan berwarna putih dan celana / bawahan panjang berwarna gelap (hitam).
- Mahasiswa (i) tidak di perkenankan berkuku panjang dan khusus bagi laki-laki tidak boleh berambut panjang.
- Mahasiswa harus memakai sepatu dan kaos kaki serta tidak di perkenankan memakai sandal atau sepatu sandal.
- Mahasiswa harus hadir dalam ruangan
- Mahasiswa yang meninggalkan ruangan harus seizin supervisor.
- Mahasiswa tidak boleh memakai pakaian yang ketat dan transparan.
- Hal-hal yang belum di sebutkan dan menurut supervisor urgen maka dapat di tambahkan dalam pembekalan.
- Pembuatan Laporan
- Laporan di buat secara perorangan tapi dapat dijilid secara berkelompok sesuai dengan kebutuhan dan kepantasan.
- Laporan sebelum di kumpul harus telah di tanda tangani oleh semua pihak yang terkait (supervisor dan TIM PPL I).
- Pembuatan laporan harus disesuaikan dalam kelompok dan di arahkan oleh supervisor.
- Laporan di gandakan sebanyak tiga eks. Masing-masing di berikan kepada TIM PPL I, supervisor (kalau perlu), dan mahasiswa yang bersangkutan.
- Delapan Keterampilan Mengajar
keterampilan bertanya
keterampilan memberikan penguatan
keterampilan mengadakan variasi
keterampilan mengelola kelas
keterampilan menjelaskan
keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil
keterampilan mengajar kelompok kecil
keterampilan membuka dan menutup pelajaran
LAPORAN PPL I
Oleh
RITA SARI
0701218119
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ANTASARI
TIM PPL I - FAKULTAS TARBIYAH
BANJAR MASIN
2010
BAB III
KEGIATAN PRAKTIK MENGAJAR
A.Pelaksanaan Latihan Mengajar
Sesuai dengan apa yang telah disampaikan oleh supervisor pada awal pertemuan, bahwa setiap peserta PPL I di haruskan melaksanakan latihan mengajar sebanyak empat kali, ditambah dengan ujian (middle dan final) menjadi enam kali, maka pada laporan ini akan kami akan kemukakan kegiatan tersebut sebagai berikut:
Praktikan : Rini Aspiani
NIM : 070123818
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 22 Maret 2010 13.00-Selesai | MTs | VII | المدرسة ( Qira’ah) | |
2. | 03 April 2010 13.00- Selesai | MTs | VIII | الساعة( Tarkieb) dengan struktur كم الساعة, كم ساعة, في اي ساعة. | |
3. | 19 April 2010 13.00-Selesai | MA | X | التعارف (Muhadatsah) | |
4. | 24 April 2010 13.00- Selesai | MA | XI | الصحّّة (Istima’) | |
Praktikan : Khairunnisa
NIM : 0701238187
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 22 Maret 2010 13.00-Selesai | MTs | VII | | |
2. | 03 April 2010 13.00- Selesai | MTs | VIII | | |
3. | 19 April 2010 13.00-Selesai | MA | X | | |
4. | 24 April 2010 13.00- Selesai | MA | XI | | |
Praktikan : Hj. Maysarah
NIM : 070123818
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 22 Maret 2010 13.00-Selesai | MTs | VII | المدرسة (Mufradat) | |
2. | 03 April 2010 13.00- Selesai | MTs | VIII | الساعة ( Hiwar) | |
3. | 19 April 2010 13.00-Selesai | MA | X | مهنة(Kitabah) | |
4. | 24 April 2010 13.00- Selesai | MA | XI | الصحّة(Qira’ah) | |
Praktikan : Rusmadinah
NIM : 0701238199
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 22 Maret 2010 13.00-Selesai | MTs | VII | المدرسة (Tarkib) Huruf Jar | |
2. | 03 April 2010 13.00- Selesai | MTs | VIII | الساعة (Qira’ah) | |
3. | 19 April 2010 13.00-Selesai | MA | X | حاية العائلة(Tarkib) ممبتدأ و الخبر. | |
4. | 24 April 2010 13.00- Selesai | MA | XI | الوصلة العامة (Muhadatsah) | |
Praktikan : Ida Mahmudah
NIM : 0701238186
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 22 Maret 2010 13.00-Selesai | MTs | VII | التعارف ( Qira’ah) | |
2. | 03 April 2010 13.00- Selesai | MTs | VIII | الساعة (Istima’) | |
3. | 19 April 2010 13.00-Selesai | MA | X | الهواية ( Tarkib ( معني حرف الجر | |
4. | 24 April 2010 13.00- Selesai | MA | XI | الوصلة العامة (Qira’ah) | |
Praktikan : Gt.M. Irhamna Husin
NIM : 070123818
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 22 Maret 2010 13.00-Selesai | MTs | VII | اسرتي (istima’) | |
2. | 03 April 2010 13.00- Selesai | MTs | VIII | الساعة (Mufradat) | |
3. | 19 April 2010 13.00-Selesai | MA | X | مهنة ( Qira’ah) | |
4. | 24 April 2010 13.00- Selesai | MA | XI | | |
Praktikan : Moezakir Anshari
NIM : 070123818
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 22 Maret 2010 13.00-Selesai | MTs | VII | | |
2. | 03 April 2010 13.00- Selesai | MTs | VIII | | |
3. | 19 April 2010 13.00-Selesai | MA | X | | |
4. | 24 April 2010 13.00- Selesai | MA | XI | | |
Praktikan : Hendri Suriadi
NIM : 070123818
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 22 Maret 2010 13.00-Selesai | MTs | VII | الأدوات المدرسة (Hiwar) | |
2. | 03 April 2010 13.00- Selesai | MTs | VIII | انشطتي في المدرسة (Tarkib) | |
3. | 19 April 2010 13.00-Selesai | MA | X | حياة العائلة (Muhadatah) | |
4. | 24 April 2010 13.00- Selesai | MA | XI | المراهق (Qira’ah) | |
Praktikan : Bahrul Helmi
NIM : 070123818
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 22 Maret 2010 13.00-Selesai | MTs | VII | البيت (Qira’ah) | |
2. | 03 April 2010 13.00- Selesai | MTs | VIII | انشطتي في المدرسة ( Hiwar ) | |
3. | 19 April 2010 13.00-Selesai | MA | X | التعارف ( Tarkib) dengan struktur نكرة و معرفة | |
4. | 24 April 2010 13.00- Selesai | MA | XI | المراهق (Tarkib) dengan struktur kalimat نعت و منعوت | |
Praktikan : M. Zulkifli
NIM : 070123818
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 22 Maret 2010 13.00-Selesai | MTs | VII | التعارف (Muhadatsah) | |
2. | 03 April 2010 13.00- Selesai | MTs | VIII | انسطتى في اليت (Mufradat) | |
3. | 19 April 2010 13.00-Selesai | MA | X | جمال المنظر الطبيعة(Tarkib) ؟؟؟؟؟؟؟؟؟؟؟؟؟؟؟؟؟؟؟؟ | |
4. | 24 April 2010 13.00- Selesai | MA | XI |
(Muhadatsah) | |
Praktikan : Farid Khairani
NIM : 070123818
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 22 Maret 2010 13.00-Selesai | MTs | VII | التعارف (Mufradat) | |
2. | 03 April 2010 13.00- Selesai | MTs | VIII | | |
3. | 19 April 2010 13.00-Selesai | MA | X | | |
4. | 24 April 2010 13.00- Selesai | MA | XI | | |
B. Latihan Ujian Mengajar di Micro Teaching
Praktikan : Rini Aspiani
NIM : 070123818
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 13 April 2010 13.00-Selesai | MTs | IX | السياحة و خالق العالم (Qira’ah) | |
2. | 03 Mei 2010 08.30- Selesai | MA | XII | دين الإسلام (Kitabah) | |
Praktikan : Khairunnisa
NIM : 0701238187
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 13 April 2010 13.00-Selesai | MTs | IX | | |
2. | 03 Mei 2010 08.30- Selesai | MA | XII | دين الإسلام ( Istima’) | |
Praktikan : Hj. Maysarah
NIM : 070123818
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 13 April 2010 13.00-Selesai | MTs | IX | Tarkib (فعل الأمر) | |
2. | 03 Mei 2010 08.30- Selesai | MA | XII | العالم و الحضارة (Istima’) | |
Praktikan : Rusmadinah
NIM : 0701238199
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 13 April 2010 13.00-Selesai | MTs | IX | المناسبة الدينية (Qira’ah) | |
2. | 03 Mei 2010 08.30- Selesai | MA | XII | دين الإسلام (Tarkib) فعل مضارع منصوب | |
Praktikan : Ida Mahmudah
NIM : 0701238186
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 13 April 2010 13.00-Selesai | MTs | IX | جمال المنظر الطبيعة (Tarkib) فعل المجرد و المزيد ؟؟؟؟؟؟؟؟؟؟؟؟؟؟ | |
2. | 03 Mei 2010 08.30- Selesai | MA | XII | العالم و الحضارة (Mufradat) | |
Praktikan : Gt. M. Irhamna Husin
NIM : 070123818
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 13 April 2010 13.00-Selesai | MTs | IX | )Tarkib( فعل الماضي و فعل المضارع | |
2. | 03 Mei 2010 08.30- Selesai | MA | XII | العالم و الحضارة (Tarkib) فعل المضارع مجزوم | |
Praktikan : Moezakir Anshari
NIM : 070123818
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 13 April 2010 13.00-Selesai | MTs | IX | | |
2. | 03 Mei 2010 08.30- Selesai | MA | XII | العالم و الحضارة (Kitabah) | |
Praktikan : Hendri Suriadi
NIM :070123818
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 13 April 2010 13.00-Selesai | MTs | IX | عيدان ( Qira’ah) | |
2. | 03 Mei 2010 08.30- Selesai | MA | XII | العالم الإسلامى (Tarkib) | |
Praktikan : Bahrul Helmi
NIM : 070123818
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 13 April 2010 13.00-Selesai | MTs | IX | المناسبات الدينية (mufradat) | |
2. | 03 Mei 2010 08.30- Selesai | MA | XII | دين الإسلام (Mufradat) | |
Praktikan : M. Zulkifli
NIM : 070123818
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 13 April 2010 13.00-Selesai | MTs | IX | جمال المنظر الطبيعة (Mufadat) | |
2. | 03 Mei 2010 08.30- Selesai | MA | XII | اعياد الإسلام ( Mufradat) | |
Praktikan : Farid Khairani
NIM : 070123818
No | Waktu | Satuan Pendidikan | Kelas | Materi | Komentar Supervisor |
1. | 13 April 2010 13.00-Selesai | MTs | IX | | |
2. | 03 Mei 2010 08.30- Selesai | MA | XII | اعياد الإسلام (Istima’) | |
MASALAH DAN PERAN SUPERVISOR
A. Masalah
Masalah-masalah yang dihadapi praktikan PPL I antara lain adalah sebagai berikut:
1. Tejadinya kekakuan dan kepakuman dalam menjalankan proses belajar mengajar.
2. Peserta didik adalah mahasiswa yang berperan sebagai siswa sehingga menyulitkan praktikan untuk mengelola kelas karena sifat para mahasiswa ketika proses pengajaran bukanlah sifat dan kebiasaan siswa sekolah pada umumnya.
3. Waktu yang sedikit sehingga menyulitkan untuk menuntaskan pembelajaran dan cenderung tergesa-gesa.
4. Waktu pelaksanaan praktikan mengajar yang dilaksanakan di ruang Micro Teaching kenapa harus bersamaan dengan waktu kuliah sehingga merugikan praktikan karena tidak mengikuti mata kuliah yang lain serta tidak adanya
5. Adanya kebingungan dalam memilih materi yang akan diajarkan.
B. Peran Supervisor
Supervisor merupakan salah satu bagian yang mempunyai peran penting dalam mengarahkan praktikan di dalam kegiatan PPL I yang dalam hal ini adalah Bapak Drs. Abu Qasim, M. Ag sebagai supervisor kami selama praktikan melaksanakan PPL I. Selain mamantau beliau juga memberikan contoh dan pelajaran berharga bagi praktikan mengenai bagaimana keterampilan dasar dalam mengajar, cara mengelola kelas dan lain-lain. Beliau juga memberikan kritikan yang mana keriktikan tersebut menjadi pelajaran bagi kami agar lebih baik lagi. Selain itu, beliau juga memberikan masukan dan arahan sehingga pembelajaran bisa tercapai secara maksimal. Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Drs. Abu Qasim, M. Ag yang berperan penting sebagai perantara berjalannya proses PPL I yang efektif dan efesien.
C. Komentar Terhadap Tim PPL I
Kepada segenap TIM PPL I, praktikan mengucapkan rasa terima kasih atas segala yang telah diberikan selama kegiatan PPL I berlangsung. Namun sekedar masukan, sebaiknya kepada TIM PPL I agar lebih meningkatkan lagi komponen-komponen yang menjadi syarat pelaksanaan PPL I seperti penggunaan system multi media agar bisa dimanfaatkan secara maksimal, serta sangat perlu diperhatikan lagi mengenai jadwal pelaksanaan latihan agar tidak bertabrakan dengan jadwal praktikan kuliah.
Silabus dan Sistem Penilaian
Mata pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas/semester : VIII / Ganjil
Pertemuan ke : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Siswa Menerapkan Akhlak Terpuji Kepada Diri
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Memahami dan mengamalkan tawakal dalam kehidupan sehari-hari | Pengertian Tawakal, Perintah tawakal, Bentuk dan contoh bertawakal | 1.Guru mengkondisikan kelas 2. Guru menjelaskan materi dan memerintahkan siswa untuk berdiskusi 3. Simpulan dan salam | 1. Menjelaskan Pengertian tawakal dengan benar 2. Menyebutkan Dalil al quran tentang tawakal dengan benar 3. Mengidentifikasi bentuk dan contoh perilaku tawakal | Tes tulis | Tes uraian | 1.bagaimana pendapat islamterhadap seseprang yang berusaha dengan meminta pertolongan kepada seorang dukun ? | 1´15 Menit | Membangun akidah akhlak, untuk kelas VIII Madrasah tsanawiyah KTSP Berdasarkan standar isi madrasah tsanawiyah tahun 2008 |
Mengetahui, Supervisor
Dra.Rusdiana Husaini, M.Ag Nip: 1969 04 21 1994 03 2004 | Banjarmasin, 24 Maret 2010 Mahasiswa praktikan Rita Sari Nim. 0701218119 |
| |
Silabus dan Sistem Penilaian
Mata pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas/semester : VIII/ Ganjil
Pertemuan ke : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Siswa Menerapkan Akhlak Terpui Kepada Diri Sendiri
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Memahami dan mengamalkan sabar dalam kehidupan sehari-hari | 1.pengertian sabar 2.perintah untuk bersabar 3.macam-macam sabar | 1. Guru mengucapkan salam dan menyampaikan materi yang akan dipelajari 2.Guru menjelaskan materi. Dan menggunakan stategi “berbagi pendapat 3.Simpulan dan salam | 1.Menjelaskan pengertian sabar dengan baik dan benar 2. Menyebutkan dalil al quran tentang sabar dengan baik dan benar 3. Menjelaskan macam-macam sabar dengan rinci | Tes tulis | Tes uraian | 1.Amati peristiwa kesabaran yang ada diingkungan kalian, kemudian buatlah catatan pada lembar kerja | 1´15 menit | Membangun akidah akhlak, untuk kelas VIII Madrasah tsanawiyah KTSP Berdasarkan standar isi madrasah tsanawiyah tahun 2008 |
Mengetahui, Supervisor Dra.Rusdiana Husaini, M.Ag Nip: 1969 04 21 1994 0 2004 | Banjarmasin, 03 April 2010 Mahasiswa praktikan Rita Sari Nim. 0701218119 |
| |
| |
Silabus dan Sistem Penilaian
Mata pelajaran : Akidah Akh;ak
Kelas/semester : VIII / Ganjil
Pertemuan ke : 3 (Tiga)
Standar Kompetensi : Menghindari Akhlak Tercela Kepada Manusia
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Menghindari perilaku gibah dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari | Pengertian gibah dan fitnah, dalil al quran larangan gibah dan fitnah, serta perilaku menghindari gibah dan fitnah | 1. Guru mengucapkan salam dan menyampiakn materi yang akan dipelajari 2.Menjelaskan materi. Dan menjalankan strategi kombinasi strategi kembali ketempat semula dan strategi debat aktif 3.Simpulan dan salam | 1. Menjelaskan pengertian gibah dan fitnah dengan benar 2. menyebutkan dalil tentang larangan gibah dan fitnah dengan benar 3. menjelaskan perilaku menghindari gibah da fitnah | Tes tulis | Tes uraian | 1.kemukakan bukti bahwa fitnah lebih kejam daripada pembunuhan | 1´15 menit | Membangun akidah akhlak, untuk kelas VIII Madrasah tsanawiyah KTSP Berdasarkan standar isi madrasah tsanawiyah tahun 2008 |
Mengetahui, Supervisor
Dra.Rusdiana Husaini, M.Ag Nip: 1969 04 21 1994 03 2004 | Banjarmasin, 10 April 2010 Mahasiswa praktikan Rita Sari Nim. 0701218119 |
| |
Silabus dan Sistem Penilaian
Mata pelajaran : Fiqih
Kelas/semester : XII /Genap
Pertemuan ke : 4 (Empat)
Standar Kompetensi : memahami Hukum-Hukum Syar’i
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Siswa Menerapkan akan hukum-hukum syar’I dalam kehidupan | Pembagian hukun syar;i dan hukum taklifi beserta pembagiannya | 1. Guru mengucapkan salam dan mengkondisikan kelas 2.Menjelaskan materi. Dan menjalankan strategi belajar ala permainan jigsaw 3.Simpulan & salam | 1.Menjelaskan pembagian hukum syar;I dengan benar 2.Menyebutkan pembagian hukum taklifi dengan baik dan benar 3.Menjelaskan akan pembagian hukum taklifi secara sistematis | Tes tulis Tes tulis | Tes uraian Tes uraian | 1.jelaskan apa yang dimaksud dengan hukum taklifi? 2.Apa yang dimaksud dengan wajib? 3.Jelaskan dengan contoh, apa yang dimaksud dengan sunah a;in dan sunah kifayah? | 1´15 Menit | Al-Hikmah, Membina Kreatifitas dan Prestasi, KTSP Fiqih Modul Pembelajaran Madrasah Aliyah untuk kelas XII/Genap |
Mengetahui, Supervisor Dra.Rusdiana Husaini, M.Ag Nip: 1969 04 21 1994 03 2004 | Banjarmasin, 14 April 2010 Mahasiswa praktikan Rita Sari Nim. 0701218119 |
| |
Silabus dan Sistem Penilaian
Mata pelajaran : Fiqih
Kelas/semester : XII / Genap
Pertemuan ke : 5 (Lima)
Standar Kompetensi : : memahami Hukum-Hukum Syar’i
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
Siswa Menerapkan akan hukum-hukum syar’I dalam kehidupan | Hukum Wadh’i dan pembagian hukum wadh’i | 1. Guru mengucapkan salam dan menyampaikan materi yang akan dipelajari 2.Menjelaskan materi. Dan menggunakan strategi pembelajaran sinergis 3.Simpulan dan salam | 1 menjelaskan pengertian hukum wadh’i dengan benar 2.Menjelaskan pembagian hukum wadh’i dengan baik dan benar | Tes tulis Tes tulis | Tes uraian Tes uraian | 1Jelaskan apa yang dimaksud dengan hukum wadh’i? 2. Sebutkan ada berapa pembagian hukum wadh’i? 3.Apa yang kamu ketahui tentang pengertian syarat? | 1´15 Menit | Al-Hikmah, Membina Kreatifitas dan Prestasi, KTSP Fiqih Modul Pembelajaran Madrasah Aliyah untuk kelas XII/Genap | |
Mengetahui, Supervisor Dra.Rusdiana husaini, M.Ag Nip: 1960 04 21 1994 03 2004 | Banjarmasin, 17April 2010 Mahasiswa praktikan Rita Sari Nim 0701218119 | ||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Silabus dan Sistem Penilaian
Mata pelajaran : Fiqih
Pertemuan ke : 6 (Enam)
Standar Kompetensi : Memiliki Pemahaman dan penghayatan yang lebih mendalam terhadap ajaran islam tentang haji
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
Memahami dan mengamalkan terhadap hukum haji | Pengertian haji dan Rukun haji | 1. Guru mengucapkan salam dan menyampaikan bahan yang akan dipelajari 2.Menjelaskan materi. Dan menjalankan strategi pemilahan kartu 3.Simpulan dan salam | 1.Menjelaskan pengertian haji dengan benar 2. Menyebutkan rukun haji secara sistematis 3.Menjelaskan pengertian dari rukun-rukun haji | Tes tulis Tes tulis | Tes uraian Tes uraian | 1.tinggal dipadang arafah mulai tergelincir matahari tanggal 9 dzulhijjah sampai tenggelam matahari disebut? 2. Thawaf yang menjadi rukun haji disebut? 3.Syarat sah thawaf adalah/ 4.cara untuk mengakhiridari ihram adalah? 5.sai dikerjakan dengan ? | 1´15 menit | 1.Al-Hikmah, Membina Kreatifitas dan Prestasi, KTSP Fiqih Modul Pembelajaran Madrasah Aliyah untuk kelas X/Ganjil 2.Ilmu Fiqih Islam Lengkap, Moh. Rifa;i | |
Mengetahui, Supervisor Dra.Rusdiana husiani, M. Ag Nip: 1969 04 21 1994 03 2004 | Banjarmasin, 23 April 2010 Mahasiswa praktikan Rita Sari Nim. 0701218119 | ||||||||
| | ||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar